Unit Bangka

Kembangkan Kompetensi, Inhutani V Ikuti Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Teknis Perencanaan Hutan

BANGKA, INHUTANI V (14/03/2023) | Dalam rangka komitmen dalam peningkatan dan pengembangan kompetensi karyawan, Inhutani V mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Teknis (GANIS) Perencanaan Hutan yang diselenggarakan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan SDM Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bekerja sama dengan Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) pada tanggal 24 Januari hingga 14 Maret 2023.

Kegiatan Diklat GANIS tersebut diselenggarakan selama 50 hari dengan metode Sychronous melalui Online Learning menggunakan Zoom Meeting dan e-learning.menlhk.go.id serta Asychronous melalui modul pelatihan dan pengambilan data pada areal kerja masing-masing Unit Manajemen.

Dalam kegiatan tersebut, Inhutani V mengirimkan 2 peserta, yaitu Asisten Manager Perencanaan Inhutani V Unit Lampung, Adam Asrul Amir dan Asisten Manager Perencanaan & Produksi Inhutani V Unit Bangka, Reinaldhi Andriano Saputra. Diklat GANIS Perencanaan Hutan (Canhut) merupakan peningkatan kompetensi di bidang Perencanaan Hutan untuk mempersiapkan peserta pelatihan dengan bekal ilmu pengetahuan terkait pembangunan hutan lestari pada Hutan Alam dan Hutan Tanaman. Selain itu, peserta pelatihan juga diharapkan dapat membuat rencana kerja jangka panjang perusahaan dalam bentuk Rencana Kerja Usaha (RKU) periode 10 tahun dan rencana jangka pendek perusahaan dalam bentuk Rencana Kerja Tahunan (RKT) periode 1 tahun dengan skema Multi Usaha Kehutanan (MUK).

Setelah melalui 202 jam pembelajaran dan pemaparan peserta terkait RKU dan RKT sesuai dengan Multi Usaha Kehutanan, peserta sejumlah 35 orang dari 27 Unit Manajemen Hutan Alam dan Hutan Tanaman dinyatakan lulus oleh Pusdiklat SDM KLHK. Dalam pelatihan ini, perwakilan Inhutani V Bangka, Reinaldhi Andriano Saputra mendapatkan predikat Peserta Diklat GANIS Canhut terbaik ke-2.

Penanggung jawab Diklat GANIS Canhut Bahdarsyah mengatakan bahwa para peserta Diklat GANIS Canhut yang telah lulus diharapkan dapat menerapkan ilmu yang telah dipelajari selama pelatihan dalam penyusunan rencana kerja, pada Unit Manajemen masing-masing.

“Saya berharap kepada peserta Diklat GANIS Canhut agar terus menggali informasi dan kompetensi terkait bidang Perencanaan Hutan sesuai dengan perkembangan peraturan yang berlaku, sehingga masing-masing Unit Manajemen dapat memaksimalkan potensi yang ada pada areal kerjanya” pungkasnya.

(Kom-INH5/Win)

Editor : Ywn
Copyright © 2023

Tags

Related Articles