Unit Lampung

Penanaman Sengon dan Jengkol di Perengan

Bandar Lampung – PT Inhutani V Unit Lampung memiliki areal kerja yang diantaranya terdapat sebuah perengan. Perengan ini bisa disebut areal yang memiliki kelerengan tanah dari datar hingga sedikit curam. Hal ini dikarenakan areal kerja yang berada diantara daerah aliran sungai, sehingga juga diperlukan penanaman untuk menjaga erosi tanah.

Penanaman yang dilakukan di Register 44 Kabupaten Way Kanan menggunakan tanaman sengon dan jengkol dengan jarak tanam 5m x 5m yang ditanam pada perengan yang memliki kelerengan beragam. Tanaman jengkol ditanam pada lereng bawah agar tidak mengganggu saat panen tanaman sengon. Secara ekologi tanaman sengon merupakan tanaman yang sering ditanam untuk tujuan reboisasi karena dapat mengikat nitrogen dan meningkatkan kesuburan tanah dari daun hingga cabangnya yang jatuh ke tanah.

Penanaman tanaman jengkol ini merupakan sebuah percontohan bahwa menanam jengkol bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal ini mereka buktikan, bahwa terdapat salah satu petani yang juga menanam jengkol dan telah menghasilkan pundi-pundi uang. Sebab, perpohonnya bisa menghasilkan 3 kwintal dan 4 kwintal jengkol bisa dihargai kurang lebih sampai 5 juta rupiah.

Menurut Nengah selaku kelompok tani Usaha Tani Sejahtera yang bekerja sama didalam kawasan hutan ini, penanaman diperengan sangat didukung olehnya sebab ketika perengan ini ditanami pepohonan akan mengurangi banjir, erosi dan degradasi tanah. Berdasarkan target yang telah direncanakan, masih banyak lagi perengan yang akan ditanam dengan pola tumpeng sari sehingga lahan dapat dimaksimalkan dengan baik. (Kom-IHT5/Sto)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *